Panduan Komunitas

?"SYARAT DAN KETENTUAN CITIZEN JOURNALISM"

Jurnalisme warga (Citizen Journalism) saat ini menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat untuk menyampaikan berbagai keluhan terkait pelayanan publik. Berbagai permasalahan menyangkut buruknya pelayanan publik saat ini dengan mudahnya dapat diungkapkan oleh individu melalui sarana blog, milis, situs jejaring sosial, suara pembaca di media cetak, interaktif di media elektronik, ataupun melalui rubrik yang disediakan media online.

KABARSUKABUMI.COM resmi telah meluncurkan Platform yang mengarah kepada Citizen Journalism pada tanggal 30 Desember 2020, dimana tujuannya adalah untuk menampung aspirasi/penyampaian berbagai keluhan terkait pelayanan publik, menginformasikan kejadian-kejadian yang yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan oleh user/komunitas citizen Journalism kabarsukabumi itu sendiri, namun tetap dalam penyampaian nya harus mempertimbangkan azas praduga tak bersalah, serna menjaga etika dalam penulisan.

Apa saja yang dilarang oleh Citizen Journalism ?

Pada dasarnya Kami selaku penyedia fasilitas citizen Journalism kabarsukabumi.com menegaskan melarang hal-hal sebagai berikut :

  1. Dilarang bertentangan dengan Undang-undang Dasar 1945
  2. Dilarang bertentangan dengan Undang-undang Nomor nomor 11 tahun 2008 adalah UU tentang informasi serta transaksi elektronik
  3. Dilarang bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta
  4. Dilarang berbau Sara, pornografi, Perjudian, menyerang Pribadi, Rasis dan Memfitnah
  5. Dilarang Menggunakan kata-kata kasar (harus menggunakan bahasa indonesia yang baik)
  6. Dilarang meminta uang/Imbalan kepada narasumber atau kepada siapapun mengatas namakan kabarsukabumi.com

Apa saja kewajiban Citizen Journalism ?

  1. Citizen Journalism Kabarsukabumi (CJKS) diwajibkan untuk menjaga kredibilitas kabarsukabumi

Apa saja Hak Citizen Journalism ?

  1. Citizen Journalism Kabarsukabumi (CJKS) berhak mendapatkan point yang dapat ditukarkan dengan voucer yang tersedia di kabarsukabumi.com
  2. Point tersebut didapatkan dari viewer konten berita yang dipublikasikan oleh citizen.
  3. tentang perhitungan Point dengan viewer tersebut adalah sepenuhnya menjadi kebijakan dari kabarsukabumi.com dan sewaktu-waktu dapat berubah.

Ketentuan Hukum ?

  1. Citizen Journalism Kabarsukabumi(CJKS) bertanggung jawab secara pribadi dan penuh serta setuju untuk membebaskan dan tidak membebani Kabarsukabumi.com atas segala terjadinya tindakan penyalahgunaan atas konten yang ditulisnya dan ditayangkan di Kompasiana dan bersedia untuk membebaskan Kabarsukabumi.com termasuk afiliasinya dari segala bentuk permasalahan hukum yang timbul sebagai akibat dari pemuatan Konten di Kabarsukabumi.com.
  2. Kabarsukabumi dan afiliasinya tidak dikenai tanggung jawab untuk memastikan kebenaran, ketepatan, serta kesahihan informasi pada setiap Konten yang diunggah oleh Citizen Journalism Kabarsukabumi(CJKS).
  3. Kabarsukabumi dan afiliasinya tidak dapat dituntut dan dimintai tanggung jawab hukum atas setiap kekeliruan, kesalahan, atau ketidaktepatan pernyataan dan informasi di dalam Konten yang ditulis dan ditayangkan Kabarsukabumi.
  4. Kabarsukabumi maupun afiliasinya tidak bertanggung jawab atas akibat langsung atau tidak langsung dari penayangan segala bentuk Konten oleh CJKS di Kabarsukabumi.
  5. Citizen Journalism Kabarsukabumi(CJKS) bertanggung jawab secara pribadi dan penuh atas setiap isi komentar dan Konten yang dibagikan ke berbagai situs media sosial dan setuju untuk membebaskan serta tidak membebani Kabarsukabumi beserta afiliasinya atas segala terjadinya tindakan penyalahgunaan dan segala bentuk permasalahan hukum yang timbul sebagai akibat pemuatan komentar dan konten yang dibagikan ke berbagai situs media sosial.
  6. Gugatan terkait penggunaan konten (teks/foto/video) dan materi apapun yang tidak sesuai dengan Ketentuan Layanan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sepenuhnya menjadi tanggung jawab Citizen Journalism Kabarsukabumi(CJKS) yang mengunggahnya. Kabarsukabumi dan afiliasinya dibebaskan dari segala tuntutan dan gugatan atas penggunaan teks/foto/video tersebut.
  7. Segala hal atas kerugian yang dirasakan oleh pihak manapun yang diakibatkan atas konten yang publikasikan oleh citizen journalism yang diwadahi oleh kabarsukbumi.com, sepenuhnya menjadi tanggung jawab yang bersangkutan Citizen Journalism (Pemilik Account Citizen Journalism bersangkutan.
  8. Segala bentuk teguran/somasi, tuntutan, gugatan hukum dari pihak manapun yang diakibatkan atas kelalayan konten yang publikasikan oleh citizen journalism kabarsukbumi.com, sepenuhnya menjadi tanggung jawab yang bersangkutan (Citizen Journalism).

Kabarsukabumi tunduk kepada peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Oleh karena itu, saat terjadi keluhan, protes, klaim dan/atau permasalahan hukum yang disebabkan oleh Konten yang dimasukkan dan/atau ditayangkan oleh CJKS, kabarsukabumi berhak menyampaikan segala informasi terkait pemilik Konten, termasuk, bila ada, alamat Internet Protocol (IP) yang terekam di dalam sistem kabarsukabumi, kepada pejabat berwenang (Penyidik, Penyidik Pembantu, Penyelidik, Jaksa Penuntut Umum, Hakim) yang disertai dengan permohonan tertulis dari Kepolisian Republik Indonesia.