KABARSUKABUMI.COM - Berwisata ke daerah pecinan terkadang tak afdol kalau tidak menikmati kuliner khasnya. Namun, menikmati kuliner khas oriental terkadang ragu bagi umat muslim. Sebab, makan oriental kebanyakan tidak halal.

Keraguan itu, saat ini bisa dihilangkan, khususnya bagi wisatawan yang berkunjung ke pecinan di daerah Kota Sukabumi. Pasalnya, di daerah yang masuk kecamatan Warudoyong itu ada Kopitiam "Odeon" yang menyajikan makanan oriental halal. Semua menu makanan di sana, bisa dinikmati berbagai kalangan.

Tempat makan yang sudah buka sejak empat tahun silam ini, menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Pasalnya, semua makanan yang disajikan memakai bahan yang halal.

"Kita berjualan di wilayah pecinan, ditambah makanan yang dijual khas oriental. Namun semuanya halal. Jadi bisa dinikmati semua orang," ujar Pemilik Odeon Kopitiam Kiki Suryato (44) kepada Kabarsukabumi.com, Minggu (14/3/2021).


Lewat konsep makanan oriental halal ini, toko yang buka pukul 11.00 sampai dengan 21.00 WIB, ramai dikunjungi pelanggan. Sebab, masyarakat sudah tidak khawatir dalam menyantap berbagai makanan di tempat tersebut.

"Selain dari mulut ke mulut, kita juga menginformasikan lewat media sosial bahwa makanan di kita halal. Makanya, pelanggan sangat antusias lewat hidangan yang disajikan," ucapnya.

Dirinya menyontohkan nasi campur hainan. Makanan tersebut semua bahannya halal. Termasuk dagingnya pun menggunakan ayam.

"Makanan khas yang ada di wilayah pecinan ini kita buat halal. Efeknya, makanan ini menjadi menu favorit di sini," ucapnya 

Selain itu, terdapat berbagai menu andalan yang bisa menjadi pilihan masyarakat. Mulai dari mie hingga bihun. 

"Kopi dan makanan ringan lainnya menjadi pavorit. Selain itu, harga yang kami tawarkan tidak mahal," ungkapnya.


Tak hanya itu, bagi konsumen yang males datang ke Kopitiam Odeon, bisa memesan secara daring. Sebab, tempat makan tersebut menyediakan jasa pesan antar.

"Kami melayani pesan antar makanan. Kalaupun tidak, bisa pesan lewat aplikasi ojek online," terangnya.

Konsumen Odeon Kopitiam Ala Aksal (20) mengaku sengaja memilih tempat makan tersebut untuk hangout. Sebab, lokasinya relatif dekat serta enak.

"Lagi nyari -nyari tempat makan, akhirnya berakhir di sini," bebernya.

Dirinya mengaku tak khawatir makan di tempat tersebut. Sebab, makanannya halal. Meskipun tempat makan ini berada di area pecinan.

"Gak khawatir, biasa aja. Lagian di menunya pun tertulis makanan halal. Jadi santai saja menikmati makanan di sini," pungkasnya.