Kabarsukabumi.com - Bicara soal pariwisata, pasti kita tidak asing dengan tempat-tempat di Indonesia yang wajib dikunjungi. Entah itu pantai, pegunungan, air terjun, wisata kuliner, atau museum bersejarah. Selain menyegarkan pikiran, mengunjungi tempat wisata juga turut membantu perekonomian warga di sekitar, lho.

Nah, buat kamu yang pengen memajukan pariwisata Indonesia, kamu juga bisa belajar seluk-beluknya di Jurusan Pariwisata. Psstt, jurusan ini nggak sekedar jalan-jalan kok. Bakal ada mata kuliah yang berhubungan dengan ekonomi, manajemen, bahasa asing, dan komunikasi.

Jurusan Pariwisata adalah program studi yang mempelajari perencanaan perjalanan wisata, perencanaan event, akomodasi, dan pelayanan. Di beberapa kampus, jurusan ini memiliki beberapa peminatan, seperti: Perhotelan, Travel, Meeting Incentive Convention Exhibition (MICE), Culinary, dan sebagainya. Namun, ada juga yang menggabungkan semuanya menjadi satu dalam jurusan Pariwisata.

Dan berbicara tentang pariwisata, tidak afdal kalau tidak berbicara tentang Sukabumi, beragam cerita tentang Sukabumi pastinya tidak akan habis dalam waktu yang singkat, karena kabupaten terbesar kedua di pulau jawa ini menyimpan segala keberagaman didalamnya. Contoh, kuliner, tempat pariwisata, dan juga pendidikannya.

Berbicara pariwisata di Sukabumi tentu tidak lepas dari AKPAR CBI  Sukabumi, AKPAR CBI merupakan sebuah kampus pariwisata swasta yang berwujud akademi dan memiliki letak lokasi di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. AKPAR CBI adalah Akademi Pariwisata satu-satunya yang menyediakan program  Diploma Tiga (D3) yang terbaik di Wilayah Kabupaten Sukabumi, Cianjur dan Bogor. AKPAR CBI dalam dunia kerja memiliki jenjang karier kerja tercepat.

Kampus AKPAR CBI ini berdiri pada tanggal 26 September 2001 dengan program studi D-3 Perhotelan yang terakreditasi B.

Tentang AKPAR CBI salah seorang alumni nya mengatakan,” AKPAR CBI merupakan perguruan tinggi di Sukabumi yang sudah jelas kualitas nya, kita dapat mendalami ilmu perhotelan dengan sangat baik salah satunya FnB yang saya geluti hingga saat ini, sudah banyak alumni yang sukses dengan karirnya setelah lulus, peluang kerja yang sangat luas dan menjadi kebanggan tersendiri bisa berkuliah di AKPAR CBI,” ungkapnya.

Perkembangan pariwisata dan kuliner di Sukabumi terbilang sangat pesat dalam perkembangannya, Galih Gumilar alumni mahasiswa AKPAR CBI Sukabumi, menilai perkembangan kuliner di Sukabumi yang begitu cepat dalam mengikuti trend tentunya dalam bidang kuliner.

“Menurut saya perkembangan kuliner di Sukabumi sudah sangat pesat sekali, bisa kita lihat sekarang dimana mana sudah banyak bakery, mulai dari produksi dirumah hingga di perusahaan. Banyak sekali jenis makanan yang dapat dinikmati di Sukabumi, mulai dari roti, cake, cookies, camilan, minuman berbagai macam rasa dan lain sebagainya. Setiap saya baking demo di Sukabumi, banyak sekali peserta yang sudah mempunyai usaha makanan nya masing masing, dan itu dimulai dari nol hingga menjadi sebuah perusahaan besar yang banyak dikenal masyarakat. Jadi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi ayo nikmati hasil kuliner masyarakat Sukabumi yang dapat memanjakan mata dan lidah para wisatawan semua,” paparnya.

Pria yang bekerja di salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia ini juga mengatakan alasannya berkecimpung di industri food and beverages. 

“Food and Beverages adalah sesuatu yang saya nikmati setiap hari, mulai dari pagi hingga malam hari, sehingga saya sangat tertarik sekali untuk berkecimpung di industri food and beverages agar dapat meng explore semua cita rasa makanan dan minuman serta dapat membuatnya sendiri,” terangnya.