Kabarsukabumi.com - Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka Tour D-Sejarah Palabuhanratu, Minggu (18/9/22). Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Palabuhanratu itu diinisiasi oleh Komunitas Kipahare dan diikuti oleh 50 orang peserta.

Melansir dari portal resmi sukabumikab.go.id, Tour tersebut akan menyusuri beberapa tempat bersejarah di Palabuhanratu, antara lain Jembatan Kuning Bagbagan, Kampung Benteng, PLTU, Gua Lalay, Pos TNI AL, Lapangan Pelita Air, Dermaga Gado Bangkong serta Tenjoresmi.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengucapkan konsep seperti ini diyakini mampu mendorong kemajuan sektor pariwisata karena menjadi salahsatu daya tarik wisatawan yang hendak berkunjung ke Palabuhanratu.

"Kegiatan seperti ini merupakan salahsatu edukasi dan cerminan masyarakat luar yang akan datang ke Palabuhanratu " Ucapnya.

Pengemasan kegiatan ini lanjut Bupati, harus terus didorong guna menguatkan sejarah, memulihkan kekeliruan sejarah serta mendorongnya pertumbuhan eduwisata di Kab. Sukabumi.

"Ketika tempat bersejarah di Palabuhanratu dikembangkan dengan baik maka akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi," Ungkapnya.

Masih di sukabumikab.go.id, Bupati mengaku dalam rangkaian hari jadi ke 152 Kab. Sukabumi kegiatan tesebut merupakan pertama kali dilakukan, Bupati berharap bisa mendongkrak laju perekonomian baru melalui tumbuhnya usaha disekitar wisata sejarah Palabuhanratu.

Sementara itu panitia penyelenggara Irman Firmansyah menambahkan, semakin berkembangnya modernisasi, tempat tempat bersejarah hampir terlupakan, maka dengan tour de sejarah ini bertujuan untuk mengulas kembali agar tempat tempat tersebut bisa dijaga dan dilestarikan.

"Kami ingin memeriahkan hari jadi ke 152 Kabupaten Sukabumi dimulai dari tempat-tempat bersejarah ini,"Singkatnya.