Kabarsukabumi.com - Warga Kecamatan Tegalbuleud turut serta memeriahkan Hari Jadi ke-152 Kabupaten Sukabumi dengan mengikuti kegiatan lomba gerak jalan kreasi. Terlihat para peserta tampil kompak dan unik dengan berbagai kostum yang dipakai.

Lomba gerak jalan kreasi dilaksanakan di depan kantor Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Kamis (8/9/2022). Terdapat dua kategori untuk peserta lomba, yakni kategori umum serta kategori anak sekolah.

Terlihat para peserta tampil dengan menggunakan kostum kebaya, baju batik, bahkan terdapat peserta dari kategori umum memakai seragam sekolah dasar. 

Sekretaris panitia sekaligus Kasi Binwas Tegalbuleud Leni Nurliah mengatakan, untuk peserta umum yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 12 tim, kemudian peserta dari sekolah, baik tingkat SMP, dan SMA terdapat 8 peserta. 

"Untuk peserta sendiri, dalam kategori umum berasal dari PKK Kecamatan Tegalbuleud, PGRI Tegalbuleud, Himpaudi Desa Buniasih, tim Desa Tegalbuleud, tim Desa Sumberjaya, Komunitas penjahit Tegalbuleud, tim senam Tegalbuleud, dan yang lainnya," papar Leni.

Masih kata Leni, “Adapun juri untuk kegiatan ini dari Polsek Tegalbuleud, Koramil Tegalbuleud dan Kwartir Pramuka Tegalbuleud," jelasnya. 

Leni menyatakan, yang dinilai tim dewan juri adalah kekompakan regu kemudian ketepatan barisan juga kostum. Lebih lanjut, Leni menjelaskan di dalam kekompakan ada beberapa poin ada gerakan ditempat, gerakan berjalan juga gerakan variasi.

"Karena disini lomba gerak jalannya menggunakan variasi. Variasi barisan itu ada yang menggunakan yel-yel, ada yang hanya gerakan saja juga kombinasi yelyel dengan gerakan," ujarnya.

Untuk pemenang akan diumumkan pada hari Sabtu, 10 September 2022 di Muara Indah Cikaso bersamaan dengan pelaksanaan lomba dayung. "Untuk hadiah medali, piagam penghargaan kemudian tropi juga ada uang pembinaan. Juara 1 Rp500 ribu, juara 2 Rp400 ribu dan juara 3 Rp300 ribu," jelasnya.

Mery Esa Kamila Salah seorang peserta perlombaan gerak jalan perwakilan dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Tegalbuleud mengapresiasi kegiatan perlombaan ini, karena kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat patriotisme terhadap daerah sendiri, melatih kekompakan setiap organisasi yang dampaknya luar biasa .

“Saya pribadi sangat mengapresiasi kegiatan gerak jalan yang diadakan di Pemerintah Kecamatan Tegalbuleud, karena tentunya perlombaan ini bisa menumbuhkan semangat patriotisme terhadap daerah sendiri, melatih kekompakan setiap organisasi yang dampaknya luar biasa, serta bisa silaturahmi lintas sektor, dan saling mengenal untuk bertukar inspirasi satu sama lain,” paparnya.

Selain itu, Mery menambahkan, “Harapan untuk Kabupaten Sukabumi di Hari Jadinya ke-152, semoga Kabupaten Sukabumi bisa lebih baik dari segala hal, sumber daya alam nya semakin bisa dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat, masyarakatnya semakin sejahtera dan dapat menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dan patriotisme terhadap tanah air,” harapnya.

Redaksi: AYB