Kabarsukabumi.com - Kemajuan zaman tidak menyurutkan para pelaku seni dan budaya di Sukabumi untuk terus berkarya. Dengan sentuhan tangan-tangan kreatif, para pelaku seni tari musik tradisional tetap bisa menghadirkan kesenian yang kekinian.

Seperti yang dilakukan "Sanggar Bale Seni Cikidang ". Salah satu sanggar seni tari musik tradisional yang berbasis di Kampung Cikidang, RT 03/Rw.2, Desa/Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi. 

Para seniman di Sanggar Bale Seni Cikidang piawai mengkolaborasikan seni tari dan musik tradisional dengan seni yang modern.

Pengelola Sanggar Bale Seni Cikidang, Saldi Andrian mengatakan, sanggar ini dibentuk sebagai sarana edukasi budaya untuk masyarakat terutama anak muda. 

“Ya tujuannya adalah satu wadah yang didalam nya nanti menciptakan atau memunculkan serta mengembangkan kreatifitas serta ide-ide baru yang inovatif juga kreatif dalam bidang kesenian,” ungkap Saldi.

Hal ini dilakukan untuk menggugah semangat anak muda Kabupaten Sukabumi dalam berkesenian.

Selain itu, Saldi Andrian mengatakan, selain sebagai sarana edukasi budaya untuk masyarakat se-kecamatan, target Sanggar Bale Seni Cikidang  adalah menjadi juara dalam berbagai event kesenian. 

“Pastinya kita selalu mentargetkan untuk juara dan menampilkan yang terbaik, alhamdulillah kita pernah Juara satu  karya lokal kreatif, tingkat Kabupaten Sukabumi dalam tarian Bebegig sawit,” papar Saldi.

Tentunya, masih kata Saldi, dalam segala keterbatasan harus tetap bisa memaksimal walaupun sarana dan prasarana kita masih seadanya.

“Dulu kita buka kelas tari, edukasi budaya, musik, sejarah semua secara gratis, harapan nya sekarang bisa lebih profesional dan sarana prasarana tentunya harus menunjang, jadi saya berharap kepada pemerintah pusat untuk lebih memperhatikan lagi para pegiat kesenian yang ada di Kabupaen Sukabumi,” tutupnya.

Redaksi:AYB