Al Umana; Pendidikan adalah investasi utama suatu bangsa

oleh; Liana Ariesha Khoerudin 

Mahasiswa Pascasarjana IMN Angkatan X  

11 juli 2014 merupakan sejarah bagi pondok pesantren modern Al Umana, dimana pada tanggal tersebut adalah tanggal peresmian pondok pesantren modern Al Umana oleh bapak Drs. H. Sukma Wijaya (Bupati Sukabumi 2005-2015). Berawal dengan membuka program kesetaraan paket A, B, dan C dan jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pesantren yang berlokasi di Jl. Pelabuhan II Km. 10, Pasir Malang RT.002/RW.014 Ds. Kebonmanggu Kec. Gunungguruh, Kab. Sukabumi ini berdiri di lingkungan yang gersang akan akidah islam. Namun  dengan kemampuan dan sumber daya yang di miliki melewati cara-cara yang efektif dan efisien mampu menerbangkan anak panah tepat pada sasaran, sehingga pesantren ini mampu berdiri dengan kokoh tentunya menuju banyak perbaikan, kemajuan dan prestasi dari tahun ke tahunnya.

Selintas jika melihat asrama pada pesantren ini, seperti bangunan rumah yang lama dengan desain  bilik dan kayu, sejalan dengan waktu yang bergulir mulai mengalami pergeseran menjadi lebih modern, namun  desain bilik dan kayu ini tidak di hilangkan guna menjaga ciri khas asrama yang berada pesantren Al Umana, di sekeliling asrama pun terdapat pondok atau saung-saung guna menjadi tempat istirahat para wali santri yang berkunjung.

System Pendidikan Al Umana ini adalah berbasis aqidah Islamiyah dan ahlakul karimah, hal ini di gagas langsung oleh pendirinya yaitu K.H. Mindjali A.S

“Al Umana ini berdiri di tengah lingkungan yang gersang akan aqidah Islamiyah. Kami mendirikan pesantren ini dengan tujuan membentuk SDM yang unggul, tidak hanya dalam ranah Pendidikan saja, tetapi para santri di persiapkan untuk bisa hidup di pada zamannya para santri di persipakn untuk bisa survive pada hidup yang sesungguhnya. Dengan berbekal  SDM yang unggul dan berbasis Ahlakul Karimah”. Tegas nya  kepada para mahasiswa Pascasarjana IMN Angkatan X yang melakukan kunjungan pada saat itu.   

Lima pilar konsep  Pendidikan Al umana, diantaranya;

1.       Pembinaan Aqidah Islamiyah, yang menjadi indicator pada pilar ini adalah ketauhidan, keyakinan dan keimanan akan keesaan Allah SWT, serta keteladanan kepada Rosululloh SAW. Dengan berakarkan akidah yang kuat peserta didik di harapkan dapat menilai baik dan buruk dari parameter Al Quran dan hadist-hadist shahih, mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, tidak terjebak pada pertikaian furu’iyah yang berpotensi menimbulkan perpecahan umat dan mampu membentengi dari pengaruh lingkungan yang merusak.

2.       Pembinaan Ahlak Karimah. Dengan ahlak karimah seseorang akan menjadi pribadi yang jujur, Amanah, disiplin, tanggungjawab, kerjakeras, pantang menyerah, sabar, ulet dapat bekerjasama , memilikin kecerdasan interpersonal dan intrapersonal.

3.       Pengembangan ilmu (wawasan), dengan konsep keimanan bahwa ALLoh SWT adalah sumber segala ilmu. Al Umana meyakini bahwa seluruh manusia terlahir cerdas dengan potensi, bakat dan kemampuannya masing-masing. Maka, Al Umana tidak melakukan seleksi calon peserta didik (santri) berdasarkan prestasi akademis, melainkan atas kesiapan dan persetujuan terhadap tata tertib yang berlaku.

4.       Pembinaan keterampilan, hal ini merupakan cara untuk mempersiapkan masa depan mereka untuk menerima tongkat estafet dari generasi sebelumnya,  baik secara  hard skill maupun soft skill. Hard skill meliputi public speaking, pengelolaan lingkungan, lima Bahasa asing (Arab, inggris, jepang, mandarin dan jerman), desain grafis dan sebagianya. Sementara soft skill meliputi kemandirian, integritas, kepemimpinan, kemampuan berfikir kritis komunikasi, Kerjasama dan kolaborasi, manajemen waktu, manajemen orang, kecerdasan emosi, kecerdasan intrapersonal dan interpersonal dan lain sebagainya.

5.   Pembiasaan pola hidup sehat, hal ini dalam rangka mewujudkan generasi yang basthotan fi al’ilmi wa aljismi (QS. Al Baqoroh (2):247), hidup sehat adalah komitmen jangka Panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal agar mampu mendukung fungsi tubuh sehingga berdampak bagi Kesehatan.

 

Lingkungan berasrama membantu para orang tua menghadirkan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan ahlak putra putri Indonesia. Lebih dari itu, lingkungan berasrama juga menghadirkan miniature kehidupan sosial yang akan dihadapi oleh para santri di masa yang akan datang.

Lantas bagaimana lingkungan Ponpes Modern Al Umana dalam menanamkan ahlak santriawan/santriawati?

“ keshalihan, kemandirian, bertanggung jawab, interaksi sosial, para santri di latih itu semua di kehidupan di pesantren guna membentuk ahlak para santri” tegas  pimpinan Yayasan Al Umana Dra. Gustinaningsih.

“dan perlu di ketahui cerdas saja tidak cukup. Supaya kecerdasan dapat di amalkan sehingga bermanfaat di perlukan jasmani yang sehat. Kami tidak luput memperhatikan system untuk membentuk generasi yang sehat” tegasnya Kembali.

 

Al Umana di rancang sesuai dengan program Pendidikan selama enam tahun. Rancangan program tersebut disusun bukan hanya berdasarkan kebutuhan santri pada usianya, melainkan juga kebutuhan santri di masa depan. Santri yang telah mengenyam Pendidikan selama enam tahun diibaratkan seperti buah yang matang di pohonnya sehingga menghasilkan kenikmatan yang optimal. Jika Pendidikan terhenti sebelum enam tahun, ibarat buah yang terpaksa di panen.

 

Simpulan

Pendidikan adalah investasi utama suatu bangsa untuk melahirkan generasi yang handal. Pendidikan di asrama (pesantren) merupakan tempat yang paling tepat untuk mewujudkan lingkungan yang kondusif, sebagai sumber ilmu untuk belajar, lingkungan bergaul dan bermain yang terpelihara dalam fitrah-Nya, lingkungan yang penuh dengan keteladanan, serta pendidikan kemandirian

 

Apalah artinya menggenggam ilmu tanpa dipraktikkan. Ponpes Modern Al Umanaa mewujudkan lingkungan yang sesuai dengan pendidikan yang diselenggarakan. Keterampilan berbahasa Arab, Inggris, Jepang, Mandarin, dan Jerman didukung dengan media mempraktikkannya dalam berbagai media. Begitu juga dengan keterampilan bertani dan beternak, menulis, memasak, dan keterampilan lainnya.

Semoga bermanfaat