Kabarsukabumi.com -  Lokasi lahan Pokdakan Sauyunan Kadulawang di Rw.01 Kelurahan Cipanengah Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi terlihat lebih tertata dan terawat saat ini. Rabu, 26/01/2022. 

Kelompok Pembudidaya Ikan ( Pokdakan Sauyunan) yang berdiri pada 17 Agustus 2020  ini telah merubah kawasan yang tidak terurus,  ditumbuhi Ilalang , ular dan nyamuk menjadi kawasan yang lebih Asri,  tertata dan lebih terurus. 

Lokasi Lahan di Area Pokdakan sebelum dibentuk tahun 2019-2020

Perubahan yang cukup signifikan ini menunjukkan kepedulian sebagian warga setempat kepada wilayahnya dan rasa memiliki yang cukup tinggi. 

Tak hanya itu, warga yang tergabung di Pokdakan ini menunjukkan eksistensinya walaupun tidak sedikit dari anggotanya yang tidak aktif bahkan mengundurkan diri dari keanggotaannya.

Bukan saja belum terpenuhinya kebutuhan dan memberikan penghasilan, namun semangat untuk terus berkarya dan tetap bertahan untuk mencapai kesuksesan sudah lemah. 

Banyak faktor yang menyebabkan semua itu, selain lingkungan yang memaksa mereka harus berhenti,  karena pekerjaan dan faktor dukungan dari pemerintah setempat yang kurang mendukung,  apa penyebabnya?  


Setelah Pokdakan Sauyunan dibentuk, Wilayah ini terlihat lebih terurus dan berubah Signifikan

Namun,  sebagian dari warga yang bertahan masih terlihat optimis dan masih mempunyai harapan,  selain penghasilan dari Budidaya Ikan yang dikelolanya sudah cukup lumayan dan terlihat bantuan demi bantuan sudah mulai dirasakan oleh Kelompok ini. 

Pembangunan pun sudah mulai dilakukan di beberapa lokasi di ke Rw an 01 ini. Talud Penahan Air Irigasi , Pengaspalan Jalan Lingkungan, perbaikan dan rehab Lapang Renyah,  Bantuan Benih Ikan, Pakan dan Bantuan lainnya.

Bahkan, informasi yang diperoleh warga bahwa apa yang menjadi harapan mereka untuk wilayah ini menjadi kawasan wisatapun sudah dibahas oleh Pemerintah Daerah. 

Realisasi atau tidak, itu bukan patokan,  namun apa yang sudah dilakukan Kelompok Warga ini telah memberikan konteibusi yang positif terhadap wilayahnya pada khususnya dan telah mendukung salah satu Program Pemerintah Kota Sukabumi untuk " KOTAKU" ( Kota Tanpa Kumuh). 

Dengan semangat dan perjuangan Kelompok ini , telah memberikan bukti terhadap wilayahnya menjadi lebih berkembang dan hal tersebut merupakan salah satu kepedulian mereka untuk wilayahnya menjadi lebih baik lagi. 

( Hendra Sofyan )