Pada hari Jum'at , 8 Januari 2021 kemarin bertempat di Aula Bale Desa Kerta Raharja, Kec Panumbangan Ciamis , kegiatan Pelatihan dan Pemantapan ulang ( Pemanfaatan teknologi ) Mesin Foto Copy yang menunjang usaha copy center  yang sudah lama dijalankan oleh Bumdes di Desa  Kerta Raharja. Atas Prakarsa Ketua Bumdes nya , Bapak Ade Sudirman menyatakan "Kegiatan ini sangat menunjang sekali terutama dalam pengembangan serta mempermudah aktifitas fotocopy termasuk meningkatkan  pengetahuan anggota2 nya yang menjalankan usaha tersebut". 

                Turut hadir pula dalam acara tersebut Bapak Kepala Desa  , Perwakilan dari Polsek Panumbangan,  serta Perwakilan dari Perusahaan Penyedia Mesin Fotocopy nya  Bapak Agus Ramdan yang sekaligus menjadi Pembicara dalam acara tersebut. Materi yang disampaikan diantaranya tentang pemanfaatan Fitur2 fotocopy yang selama ini hanya sebatas meng-copy saja padahal masih banyak fitur lainnya, serta Program pengembangan usaha copy center kedepannya dengan jangka waktu lebih lama saling menguntungkan kedua belah pihak, terus dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari Peserta ( dari Bumdes2 sekecamatan Panumbangan ) Salah satu nya Bapak Asep yang merupakan perwakilan dari Pengawas/Koordinator Bumdes di Kec. Panumbangan. Beliau mempertanyakan tentang teknis Bisnis Copy Center bagi yang awam atau pemula atau yang baru mau memulai usahanya dengan perhitungan "biaya produksi"nya dimulai dari kertas , Listrik, spare part, ATK ( Alat Tulis Kantor ) dan lain sebagainya.

Acara ini tersebut sedianya hanya untuk 2 jam, tetapi dengan rasa antusias dan rasa keinginan tahuannya Para anggota Bumdes nya tentang memperdalam usaha copy center menjadi agak lama sampai  3 -4 jam. Termasuk dalam acara tersebut  ada dari Peserta  yang berminat untuk mencoba menjalankan Usaha Copy centernya di Bulan Februari - Maret ini Yaitu Ibu Titing beliau Ketua Bumdes Tirta Buana  dari  Desa Banjarangsana , masih di kec. Panumbangan Juga. ( Ardan )