Era digitalisasi sudah sering digaungkan atau disebut - sebut dalam berbagai media , tetapi kadang sudah memahami belum tentang digitalisasi itu seperti apa ?  . Mungkin sebagian yang tinggal diperkotaan sudah tahu dan bisa memahami apa itu digital atau cuma hanya mengetahui tanpa bisa mengartikannya . Begitupun sebagian besar dipedesaan sudah tahu digital namun kadang kita hanya bisa mengetahui dan mempergunakan digital itu lewat perangkat yang selama ini kita sering dipakai sehari-hari yaitu Handphone, Tablet dan lain sebagainya.

                              Digital bisa diterapkan dalam kehidupan sehari - hari atau ke dalam bentuk usaha / pekerjaan, salah satu nya adalah bentuk usaha yang dijalankan oleh Bumdes -Bumdes, diantaranya  ada di Bumdes Wilayah Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Mereka berkeinginan mengetahui lebih lanjut  lagi tentang usaha yang berhubungan dengan Digitalisasi. Ide inisiatif ini datang dari Ketua Bumdes Desa Kerta Raharja, Bapak Ade Sudirman. Beliau menginginkan ada kemajuan dari usaha Bumdes tersebut  menjadi lebih meningkat salah satunya  dengan menggandeng PT HARMONY SISTEM yang bekerjasama di Bidang Usaha Copy Center melalui pelatihan dan diskusi ( sharing In?fo ) dengan bertujuan menambah pengetahuan dan membuka wawasan lebih luas lagi dengan produk Fotocopy yang sudah Bumdes tersebut miliki. 

                       Menurut Bapak  Yudi Wahyudin,  Kades Desa Kerta Raharja "kegiatan hari ini sangat positif dan kalau bisa continue ( berkelanjutan ) tapi tidak hanya di desa Kerta Raharja saja, kalau bisa di semua Bumdes Kecamatan Panumbangan". Lanjutnya lagi Beliau mengutarakan " mudah-mudahan acara sosialisasi ini bisa membuat lebih maju Bumdes tersebut kedepannya"