Di tengah pandemi saat ini , yang masih kelihatannya belum akan reda bahkan menurut data terus meningkat. Tapi kita sebagai manusia tetap berikhtiar dengan tidak mengabaikan Protokol kesehatan yang di gaungkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintahan daerah sampai RT / RW. Dan tidak lupa selalu berdo'a dan meminta pertolongan kepada Sang Maha Kuasa agar Pandemi ini segera berakhir.

                              Meski sedang menghadapi Ancaman Covid 19 ini, tidak mengurangi aktifitas dan kreatifitas warga desa Kertaraharja di Kab. Ciamis dalam meningkatkan potensi wilayahnya menjadi Desa Wisata. Untuk hal itu , Kami mencoba menggali potensi desa  dengan paparan sedikit dari Sesepuh Perangkat desa tersebut, menurutnya " hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan desa wisata diantaranya pemantauan / memperhatikan Lingkungan Hidup sekitar, Meningkatkan taraf Ekonomi, Tata Ruang Desa serta Seni Budaya yang berbeda dari daerah lainnya" Paparan Sesepuh Desa H. Jaka Nuriana

                             "Selain dari makanan yang Khas nya, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang unik, semisal sepanjang jalan ada kolecer atau baling-baling serta pohon Jambe yang nantinya akan membuat suasana menjadi nyaman serta para wisata wan akan berkunjung lagi ke desa tersebut." Lanjut Pak Haji Jaka.

                              Masih banyak potensi yang akan di garap oleh warga desa Kertaraharja yang didukung Oleh Perangkat Desa maupun Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) nya yang diwakili oleh Bapak Ade sebagai Penasehat di Forum  Bumdes. Terutama usaha yang sedang dan akan dijalankan melalui program-program bumdesnya di 2021 ini.