Kabarsukabumi.com - Kelompok Pembudidaya Ikan ( Pokdakan ) Sauyunan Kampung Kadulawang Rw. 01 Kelurahan Cipanengah,Kecamatan Lembursitu , Kota Sukabumi terus benahi wilayah sekitarnya semakin tertata rapih ,bersih,nyaman dan semakin Asri. Minggu, 2/01/2022. 


Kelompok Pembudidaya Ikan Sauyunan yang merupakan Kelompok dari Warga yang sedang menggeluti Usaha dibidang Perikanan ini tidak hanya sebagai pembudidaya atau Petani Ikan saja tetapi Kelompok Warga yang mempunyai keinginan adanya perubahan. 

Selain Ekonomi dan Kesejahteraan, Pokdakan Sauyunan dapat memberikan yang terbaik untuk wilayahnya terutama penataan dan keindahan dilingkungannya lebih terurus,  tertata rapi.

Terlihat saat ini Lingkungan di wilayah ini bersih, terurus dan sudah sedikit demi sedikit dilakukan penataan.


Dukungan dan support dari Pemerintah Daerah melalui Dinasnya PUPR Kota Sukabumi, DKP 3, BBPBAT, Ketua Karang Taruna Kota Sukabumi dan Anggota Dewan dari Komisi 3, sudah membantu wilayah tersebut menjadi lebih baik. 

Bukan saja pembangunan Jalan Lingkungan dan Talud penahan air (SDA) ,Lapang Renyah sebagai tempat Olahraga dan aktifitas wargapun turut dibenahi.

Kelompok Warga yang beranggotakan 16 orang warga ini tidak semuanya aktif dalam mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan dikarenakan sebagian dari warga ini mempunyai pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. 

Namun disaat dibutuhkan untuk kepentingan Kelompok , mereka dapat menghadirinya dikala sore atau malam hari.


Anggota Pokdakan yang berasal dari berbagai elemen masyarakat ini disatukan dalam Kelompok ini , selain sebagai ajang silaturahmi warga sekitar , Pokdakan diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk menggali Potensi wilayah yang dapat diberdayakan oleh warga. 

Sehingga diharapkan dapat menunjang perekonomian dari hasil Budidaya Ikan.

Rencana Wilayah ini menjadi Lokasi Wisata Lokal memberikan peluang kepada warga untuk peningkatan ekonomi, selain UMKM warga semakin menggeliat, keberadaan wisata ini dapat menumbuhkembangkan kreatifitas warga dalam mengelola hasil bumi, Inovasi dan mengelola wilayah menjadi Sumber Mata Pencahariannya.

(Hendra Sofyan)