KABARSUKABUMI.COM - Pasangan Marwan-Iyos meraih suara terbanyak 45,6 persen, kemudian disusul pasangan Adjo-Iman meraih 33,3 persen dan pasangan Abu Bakar-Sirodjudin 21,1 persen, Data quick Count/Sirekap tersebut dilansir dari link resmi KPU https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/3202  Senin,(14/12/20).

Di halaman resmi tersebut, pasangan nomor urut 1. Adjo Sardjono- Iman Adinugraha memperoleh 350.811 suara, pasangan nomor urut 2. Marwan Hamami dan Iyos Somantri memperoleh 479.647 suara, serta pasangan nomor urut 3. Abu Bakar Sidik dan Sirojudin memperoleh 221.808 suara.

Pada link KPU itu juga dijelaskan bahwa Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.


Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka.

Sebelumnya Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman mengatakan data raihan suara pilkada 2020 melalui aplikasi Sirekap ini merupakan bentuk pelaporan kepada publik. Tetapi dirinya meminta masyarakat tetap menunggu hasil penghitungan manual KPU secara bertahap sebagai hasil resmi pilkada 2020.

"Raihan suara yang ditayangkan setiap waktu secara update di website itu merupakan transparansi penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU. Untuk hasil final dan resminya pilkada 2020 di Kabupaten Sukabumi, tunggu setelah penghitungan suara selesai, tunggu hasil resmi," jelasnya


(F19)