Kabarsukabumi. com - Bupati Sukabumi,  Marwan Hamami,  meresmikan pembangunan untuk Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), Abah Umar, warga dari Desa Gegerbitung,  Kecamatan Gegerbitung,  Kabupaten Sukabumi. Kamis, 2/12/2021.

Marwan Hamami sangat mengapresiasi dan mengajak kepada yang lainnya untuk mengikuti apa yang dilakukan Dinas PUPR Kabupaten Sukabumi bidang Perkim ini. 


"Peresmian hari merupakan Program bantuan Rutilahu dari saudara-saudara kita , PUPR. Dalam rangka Hari Ulang Tahunnya yang ke-76. Hal Ini bisa menjadi support untuk diikuti juga oleh yang lainnya, jadi,  Program Rutilahu ini tidak hanya posisi APBD saja tetapi peran masyarakat dan institusi juga bisa membantu program percepatan saudara-saudara kita yang rumahnya pwrlu diperbaiki," ujar Marwan kepada Awak Media.


Marwanpun  mengatakan bahwa target Program Rutilahu ini agak terganggu akibat Refocusing  dan menurutnya, kita tidak harus saling menyalahkan.

"Kita bersyukur, saya dengan Kadis Perkim, minggu kemarin kita mendapatkan tambahan. 

Untuk di Perubahan ini,  Desember ini, harus selesai 866 Unit. Dari perubahan ininturun dari Propinsi," ulasnya. 

Lanjut Marwan, "Nanti kita dorong untuk 27 Kecamatan dan itu belum seluruhnya dikarenakan ada syarat-syarat yang harus dipenuhi,  seperti contoh,  tanahnya itu harus milik sendiri," ungkapnya. 

Selain itu,dampak dari Pandemi Covid 19 membuat perekonomian warga yang menurun sehingga untuk memperbaiki rumah ini tentunya terasa sulit. Dengan Program Rutilahu ini tentunya warga sangat terbantu sekali. 


Ditempat yang sama,  Kadis PUPR Kabupaten Sukabumi,  Asep Japar atau akrabnya Asjap ini memberikan penjelasannya kepada awak media. 

"Dalam rangka Hari Ulang Tahun yang ke 76 ini,  kami memberikan bantuan untuk pembangunan Rumah Tidak Layak Huni warga. Rumah yang dibangun saat ini baru 1 Unit dan anggarannya dari udunan Pegawai di lingkungan Dinas PUPR Kabupaten Sukabumi,"ujar Asjap kepada Awak Media. 

Giat Sosial ini bukan kali ini saja dilakukan  tetapi sudah seringkali dilakukan. Dengan mengumpulkan Dana dari para Pegawai untuk diberikan kepada yang membutuhkan di wilayah Kabupaten Sukabumi.

"Bukan kali ini saja kita lakukan kegiatan Sosial ini,  tetapi beberapa waktu yang lalu juga kita lakukan dengan mengumpulkan Dana untuk Kaum Du'afa,  Fakir Miskin dan Anak Yatim," jelasnya. 

(Hendra Sofyan)