Kabarsukabumi.com - Ketua Kamar Dagang dan Industri ( Kadin ) Kabupaten Sukabumi yang baru dilantik hari ini, Rabu, 24/11/2021 di Selabintana Conference Resort Hotel, Kabupaten Sukabumi diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk kemaslahatan umat dan kemakmuran masyarakat di Kabupaten Sukabumi. 

Hal tersebut disampaikannya kepada Kabarsukabumi.com saat setelah pelaksanaan Pelantikan dan Mukab VI Kadin Kabupaten Sukabumi.

"Saya akan bermitra dengan Pemerintah dan menjalankan amanah Undang-undang demi kemaslahatan umat dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Sukabumi," jelas Eman kepada Awak Media.

Kadin yang merupakan Mitra Pemerintah , akan melakukan langkah-langkah untuk kemajuan Kadin Kabupaten Sukabumi dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya akan Mapping wilayah,  Mapping Potensi Mapping SDM, Mapping Program,  Mapping Progress dan Mapping Profit demi kemajuan masyarakat Kabupaten Sukabumi," terangnya. 


Selanjutnya , Emanpun menjelaskan kepada Awak Media terkait Aspek Yuridis,  Aspek Sosiologis dan Aspek Filosofis untuk melakukan Kegiatan Kadin kedepannya. 

"Jika ada Kadin yang tidak memenuhi Aspek Yuridis maka akan berbenturan dengan hukum , benturan dengan aturan maka Dia akan melanggar aturan. Maka disitulah akan merugikan masyarakat di Kabupaten Sukabumi. Jika terjadi dilapangan ada pelanggaran hukum, maka kami akan melakukan upaya hukum agar masyarakat tidak dirugikan," tegas Eman,  menjawab pertanyaan dari wartawan.

Tetapi menurut Eman bila Landasan hukum yang merupakan landasan utama ini ditempuh diantaranya Aspek Yuridis,  Aspek Aspek Sosiologis dan Aspek Filosofis dilakukan maka akan Selamat.


Sementara itu,  Ketua Umum Kadin Jabar,  Cucu Sutara ikut menanggapi hal tersebut.

"Menurut Mahkamah Konstitusi Nomor 066, sudah jelas, Kadin hanya satu. Tidak ada Kadin lain, itu sudah jelas di Undang-undang 187 , Kepres Nomor 17 Tahun 2010, menyatakan hanya ada satu Kadin. Jadi kalau ada Kadin lain itu adalah Kadin yang tidak Sah dan Ilegal," jelas Cucu Sutara.

Artinya , lanjut Cucu " Kami dari Kadin Jawa Barat, apabila ada riak-riak di Kadin Kabupaten Sukabumi, tentunya kita akan bersikap tegas. Kemungkinan besar akan kita somasi karena mereka tidak berhak melakukan kegiatan mengatasnamakan Kadin. Karena dasarnya Undang-undang 187, Kepres dan Keputusan Mahkamah Konstitusi, hanya ada satu Kadin, dimana di Pusatnya dipimpin oleh pa Arsyad Rasyid dan di Jawa Barat oleh Cucu Sutara,  saya sendiri."

Dengan keterangan yang diutarakan oleh Ketua Umum Kadin Jawa Barat ini mempertegas bahwa Kadin di Kabupaten Sukabumi hanya ada satu yaitu Kadin yang dipimpin oleh H. Eman Sulaeman. SH. 

( Hendra Sofyan )