Kabarsukabumi.com - Satuan Tugas ( Satgas) Saber Pungli Provinsi Jawa Barat dan Kantor Cabang Dinas Pendidikan ( KCD) Wilayah V Jawa barat, menggelar sosialisasi pengelolaan anggaran sekolah untuk Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan di Gor SMAN 1 Jalan R.H Didi Sukardi Citamiang Kota Sukabumi kamis (7/10/2021).

Sosialisasi yang digelar saber pungli tersebut di hadiri sekitar 70 Kepala Sekolah tingkat Atas dan juga Komitenya tersebut diinisiasi oleh Kantor Dinas Cabang Wilayah V Jawa barat.

Kepala KCD wilayah V Jawa Barat Nonong Winarni mengatakan. Kedatangan Saber pungli Jawa barat ke Kota Sukabumi yakni untuk mensosialisasikan program satgas saber pungli Jawa barat, yang diinisiasi oleh KCD supaya mereka bisa mendapatkan informasi berbagai peraturan ,tata kelola keuangan di setiap sekolah,"ujarnya kepada Kabarsukabumi.com

"Saya ingin teman -teman disini mendapatkan penguatan dan pemahaman, terkait dengan pengelolaan keuangan di setiap satuan pendidikan mereka masing - masing di awal tahun ajaran baru meski sudah memasuki bulan oktober,"terangnya.

"Kemudian yang kedua lanjutnya. Ini menjadi hal penting terkait dengan pengelolaan keuangan ini, dan menjadi hal yang sangat kursial yang akan di lakukan oleh teman -teman, sehingga kita ingin menguatkan pemahaman Kepala Sekolah bagaimana dalam mengelola keuangan di satuan pendidikan mereka masing-masing, dan juga aturan.  Peraturan Menteri Nomor 75 tahun 2016 terkait dengan komite sekolah ini harus bisa di pahami oleh kepala sekolah, dan juga komite sekolah,"jelasnya.

Masih kata Nonong, dirinya berharap para kepala sekolah dan komite, agar selalu menjalankan komitmen dan bisa konsisten dalam menjalankan aturan yang berlaku tersebut,"pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA 1 Kota Sukabumi Rahmat Mulyana, S.Pd.,M.P.d mengapresiasi atas adanya Sosialisasi dari KCD wilayah V dan Satgas Saber Pungli jawa Barat tentang Permendikbud Nomor 75 tahun 2016, yang berkenaan dengan Komite Sekolah dan hal tersebut menurutnya merupakan sesuatu hal yang penting buat kami, untuk merifresh mengingatkan kembali peraturan dalam hal pengelolaan keuangan ataupun anggaran pengelolaan sekolah,"ujarnya.

"Mudah-mudahan ini menjadi sebuah bekal untuk kami karena walau bagaimanapun kita sebagai pengelola pendidikan, sebagai yang terdepan dalam melayani masyarakat harus bisa melaksanakan pengelolaan anggaran yang transparan dan yang baik,"terangnya.

Masih kata Kepala Sekolah SMAN 1 dalam sosialilasi tersebut, Satgas Saber Pungli memberikan pesan bahwa, kita harus senantiasa hati-hati karena pendidikan garda terdepan dan harus menjadi modeling dalam mengelola keuangan yang terbaik,"harapnya.