Foto : Yayasan Bogor Sunda Sajati

Bogor | Budaya sunda tetap lestari di tengah pandemi Covid-19, berbagai cara yang dilakukan salah satu penggiat budaya yang ada di ujung timur. Yayasan Bogor Sunda Sajati (YBSS), menggelar ritual bersejarah di Curug cilandak sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan upacara kerajaan sunda serta doa bersama agar pandemi Covid-19 ini segera berlalu, pada Rabu 18/8/2021.

“Dalam acara ritual tersebut dilakukan upacara hari ulang tahun republik Indonesia, HUT RI ke-76 dalam satu warisan turun-temurun, untuk budaya sunda dengan menghargai para leluhur, karuhun tetap semua dihargai,” kata Raden Nasan Sujana, budayawan pengasuh padepokan Seni Topeng Jikprak (STJ), kepada wartawan.


Foto : Kegiatan YBSS, Memohon Kepada Yang Maha Kuasa.

Untuk kegiatan tersebut, budaya sunda sebenarnya dipaksakan hanya ditempat terbatas dengan dihadiri oleh para pelaku budaya dan seniman, agar tidak vakum kedepannya. Ruwatan ini dibuat dalam prosesi kerajaan khas sunda, peserta upacara juga berpakaian tentara dan prajurit kerajaan sunda.

Namun hal ini, “Raden Nasan enggan mengklaim seperti kerajaan Padjajaran, melainkan khas Sunda.”


Foto : Saat Pengibaran Bendera Merah Putih.

Raden Nasan juga menjelaskan, kegiatan hari ini didahului dengan bakar kemenyan, disertai suguhan dan buah-buahan, dengan berdoa diawali dengan bahasa buhun atau bahasa orang tua dalam bentuk pujian berbahasa Sunda.

Setalah itu, berdoa dalam tuntunan Islam, yang bertujuan memohon kepada yang maha kuasa, penguasa bumi dan langit, agar Indonesia diberi kemudahan dan pandemi Covid-19 ini kembali normal seperti biasanya.

Lanjut,. Kemudian ada kidung merajah, tetap sama, pujian atau memohon kepada yang kuasa, agar diberi kebahagiaan, keselamatan umur serta kesehatan dan kesejahteraan.”


Foto : Ketua YBSS Ki Jagat Kondang.

Ketua Yayasan Bogor Sunda Sejati Edi Junaedi, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diawali parade Budaya Merah Putih oleh para pegiat Budaya Bogor Sunda Sajati, dilanjutkan dengan potong tumpeng untuk pejuang Covid-19 sebagai bentuk kepedulian pada tim Gugus Tugas Covid-19, saya berharap Covid- 19 segera berakhir, kata Ki Jagad Kondang sapaan akrab kepada wartawan.

“Lamun,. Kegiatan budaya tersebut sebenarnya rutin digelar setiap HUT RI. Tapi untuk tahun ini berbeda, ruwatan lebih khusyuk untuk memohon agar pandemi ini segera diangkat dari bumi nusantara, ala kerajaan Padjajaran,” tutupnya.