17 - 08 - 2021

                Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia resmi merdeka dari para penjajah, dan tepat di tanggal 17 Agustus 2021 Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-76. Namun pada kemerdekaan kali ini ada yang berbeda sebab Rakyat Indonesia sudah kali ke-2 memperingati kemerdekaan di masa pandemi dimana kebebasan untuk merayakan kemerdekaan di tempat terbuka dengan kerumunan warga dibatasi dan peneraparan protokol kesehatan diterapkan dalam pelaksanaan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76.

            Meskipun masa pandemi belum usai, namun semangat juang itu terlihat salah satunya di Kelurahan Cipanengah Kecamatan Lembursitu tepatnya di RW 07 dimana warga berantusias untuk memperingati kemerdekaan dengan mengadakan upacara serta beberapa perlombaan yang diadakan oleh pihak panitia dari Karang Taruna dan Kelompok 38 KKN Tematik UMMI 2021, kegiatan ini pun merupakan program sekunder bagi para Mahasiswa/i yang sedang melaksanakan KKN Tematik disana.


            “.....Terimakasih kepada para panitia dari pihak Karang Taruna serta kakak-kakak mahasiswa yang sudah membantu membuat acara ini terlaksana pada hari ini, dengan diadakannya acara upacara untuk memperingati hari kemerdekaan serta perlombaan untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan saya sebagai Ketua RW di RW 07 juga menghimbau kepada warga yang ikut serta acara ini untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah yaitu 5M (Memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan ditempat air mengalir, serta mengurangi mobilitas). Acara ini terlaksana namun kita juga tidak abai, sukses serta lancar untuk acara hari ini hingga akhir dan semoga pandemi cepat selesai seperti sediakala....” Ujar Bapak Hj. M. Ibrar selaku Ketua RW di RW 07 Kelurahan Cipanengah Kecamatan Lembursitu.

            Acara tersebut terlaksana hingga akhir dan warga memang benar-benar berantusias dengan acara tersesebut, dimana hal itu terlihat dari warga yang berpartisipasi untuk mengikuti perlombaan. Adapun beberapa perlombaan yang dilakukan seperti Lomba Makan Kerupuk, Lomba Memasukan Paku kedalam Botol, Lomba Balap Karung, dan ada beberapa perlombaan yang unik yang menjadi ciri khas warga disana yaitu perlombaan Goyang Kardus, Panjat Gedebog Pisang, Ngurek (Mencari ikan dengan tangan tanpa bantuan alat) di Kali.


            Acara ngurek inilah yang merupakan hal menarik dan menjadi pembeda dari daerah yang lain, sebab masih jarang diadakannya ngurek ikan dalam acara perlombaan 17 Agustusan yang diadakan diwilayah sekecamatan Kota Sukabumi. Acara Ngurek Ikan ini juga membuktikan bahwa wilayah tersebut masih asri dan sanitasi lingkungannya masih tergolong baik. Mari kita jaga, budayakan serta lestarikan alam yang sudah ada dengan menjadi bagian dari pemerhati lingkungan untuk warisan generasi yang akan datang. Salam Merdeka dari kami putra putri bangsa.