Liwet , Ikan Asin ,Lalab dan Sambal Salah Satu Ciri Khas Masakan Sunda 

Kabarsukabumi.com - Kota Sukabumi


Salah satu Favorit masakan Sunda yang banyak digemari dan dijadikan sebagai salah satu ajang untuk silaturahmi dengan rekan, saudara dan kerabat disaat mengadakan acara atau hanya sekedar untuk makan bersama .

Ciri khas Nasi Liwet ini sedikit berbeda untuk cara masak dan penyajiannya pun berbeda-beda, selain Nasi yang dimasak menghasilkan Aroma khas dari rempah-rempah dan bumbu  , Nasi Liwet ini pun dimasak dengan  menghasilkan kerak Nasi yang sedikit gosong dan kenyal.

Nasi Liwet ini biasanya dilengkapi juga dengan lauk-pauknya yang khasnya yaitu Ikan Asin goreng ,namun terkadang suguhan lain pun disediakan sesuai dengan permintaan atau persediaan bahan , bisa ditambah Goreng Ayam, Dadar Telor dan yang lainnya seperti Ikan Bakar .

Selain itu yang tidak ketinggalan dari Suguhan Nasi Liwet ini ditambah dengan Tempe Goreng, Tahu  serta Lalab segar serta Pete bakar , Pete goreng atau terkadang ditumis dengan kangkung .

Penyajian pun seringkali dilakukan diatas Daun Pisang dan semua bahan masakan termasuk Nasi Liwet dan yang lainnya disatukan diatasnya , lalu dimakan beramai-ramai dengan rekan , saudara ataupun keluarga.

Selain menambah selera makan dengan Makan Nasi Liwet  bersama ini menunjukkan  ikatan Silaturahmi diantara mereka,  tidak memandang Status , semua sama , makan diatas Daun Pisang, Udunan  bersama, ada yang menyediakan Beras, Bumbu, Ikan, dan ada juga yang ikut membantu memasak .

Dengan Makan Nasi Liwet bersama ini menunjukkan Kebersamaan , Kekompakan dan benar-benar terlihat Ikatan Silaturahmi , kedekatan emosional serta kebahagiaan diantara mereka tanpa memandang status sosial, semoga Tradisi Makan Nasi Liwet bersama warga dapat dilakukan untuk mempererat Tali Silaturahmi dan mempertahankan Tradisi ini sehingga masih dapat dirasakan dan diteruskan oleh Anak ,Cucu kita nantinya.

( Jo )