Pokdakan Sauyunan Kadulawang Berbudidaya Sambil Berwisata Ikan

Kabarsukabumi.com - Kota Sukabumi


Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan Sauyunan Kadulawang ) Kelurahan Cipanengah Kota Sukabumi, saat ini sudah menginjak usia 1 Tahun dalam menggeluti Usahanya  di bidang Perikanan air tawar masih terus bertahan walaupun situasi Pandemi Covid 19 yang menggoncangkan Perekonomian.

Keseriusan Kelompok warga yang tergabung didalam Pokdakan Sauyunan ini merupakan Komitmen awal mereka akan mengembangkan Usaha di bidang Perikanan dengan harapan besar dapat memberikan penghasilan tambahan untuk keluarga mereka kedepannya.


Walaupun Bantuan yang sudah diberikan dari Dinas DKP3 dan BBAT sebelumnya sudah diterima oleh Pokdakan Sauyunan , namun sampai saat ini belum menunjukkan Hasil yang diharapkan.

" Kami Optimis dan tetap eksis untuk mengembangkan Pokdakan Sauyunan sampai berhasil dan dapat tercapai apa yang menjadi cita-cita kami,selain dapat menghasilkan uang ,juga untuk pengembangan Pariwisata Lokal terutama untuk wilayah di ke RW an 01 Kadulawang ", Humas Pokdakan Sauyunan Kadulawang  menerangkan.


Selain Pengembangan Budidaya Ikan, Wilayah Pokdakan Sauyunan Kadulawang yang saat ini dikelola sedang dirintis untuk menjadi Area Wisata Ikan bagi warga Lokal dan dapat dinikmati oleh warga sekitar sehingga selain untuk wisata, Pokdakan Sauyunan yang akan dibuat Wisata Ikan dapat memberikan Kontribusi yang baik untuk Kota Sukabumi di bidang Pariwisata Lokal.

" Saat ini , Alhamdulillah, Lurah Cipanengah, pa  Mulyono , sangat mendukung dan terus memberikan supportnya kepada Pokdakan Sauyunan sehingga dapat diberdayakan untuk kemajuan wilayah ,kemudian dari sebagian warga pun mengharapkan Pokdakan Sauyunan dapat lebih berkembang dan menjadi Iconnya Kelurahan Cipanengah ", ujarnya.

Dukungan Moril dan Biaya untuk berkembangnya suatu wilayah tentunya harus didukung oleh pemerintah setempat selain untuk kepentingan umum, Pokdakan Sauyunan ini merupakan yang beranggotakan warga sekitar yang ingin berkembang dan lebih sejahtera.

" Walaupun masih ada yang tidak mendukung dan terkesan cuek kepada kami , namun Kami tetap bertahan walaupun biaya yang dikeluarkan untuk pakan dan penataan Kolam dari hasil Udunan anggota dan sebagian dari sumbangan dermawan ", pungkasnya.

Apalagi di masa ekonomi sulit saat ini, Refocussing, pemotongan anggaran dan dipakai untuk penanganan Covid 19 sehingga Kelompok Warga yang sedang mengembangkan usaha Ikan sedikit kesulitan untuk Udunan dikarenakan adanya penurunan penghasilan mereka saat ini sehingga terhambatnya Usaha terutama untuk pembelian  Pakan Ikan.

" Disaat sulit saat ini, Alhamdulillah kita tetap bertahan dan masih ada sebagian dari anggota yang menyisihkan uangnya untuk Udunan Pembelian Pakan Ikan , mudah-mudahan apa yang menjadi niat dan tekad kami ini mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah untuk dapat bertahan membudidayakan Ikan sampai  berhasil dan dapat bermanfaat bagi warga ", imbuhnya.

Berikanlah Support kepada mereka yang masih tetap mengharapkan perubahan untuk kesejahteraannya walaupun dengan lahannyang tidak luas tetapi lahan tersebut dapat diberdayakan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Sampai saat ini para Pejabat Pemerintah Daerah dan Kepala Dinas yang sudah mengunjungi Pokdakan Sauyunan , sebagian dari mereka banyak memberikan Supportnya , Lurah Cipanengah, Mulyono , Dinas DKP3 Kota Sukabumi, ( Bantuan Ikan dan PPL ) Dinas PU ( Pengaspalan Jalan dan gang )  , Anggota Dewan, Dini Bayu,( Bantuan Benih Ikan )  Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni ( Dibentuknya Kampung Tangguh dan Bantuan Tanaman )  dan Wakapolres waktu itu, Kompol Sulaeman Salim,( Bantuan Pasir untuk Pembangunan dan Penataan Kolam )  Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, Wakil Walikota Sukabumi, Andri Hamami, Dispora, Tejo, dan Danramil Baros , Raja Azman ( Bantuan Semen untuk Pembangunan dan Penataan Kolam ) dan BBAT ( Bantuan Ikan / Pakan 10 Karung ).

" Kami ucapkan Terima Kasih kepada mereka yang sudah peduli kepada Pokdakan Sauyunan Kadulawang, kami bertahan dengan biaya hasil Udunan, sumbangan perorangan  dan dari para  Dermawan , kami ingin berhasil dan bisa berdiri dengan tegap  nantinya ,harapan kami , kedepannya bisa menjadi mendirikan sebuah " Koperasi Pokdakan Sauyunan Kadulawang " .

Mengutamakan kepentingan warga masyarakat dan kesejahteraannya merupakan tugas dan tanggung jawab yang utama bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan.

( JoSofyan )