KABARSUKABUMI.com - Rani Agustini (41) anggota Agus Agus Bersaudara Indoneisa (AABI) Dewan Agus Cabang Kota Bandung sangat terkesan saat melihat keunikan dan keindahan Leuwi Tonjong , Minggu (30/08/20).

Leuwi yang berada di Kampung Cimareme Rt 01/04 Desa.Wangunsari Kec. Cisolok Sukabumi itu memang memiliki keindahan yang ciamik, unik sekaligus menantang, dilihat dari kondisinya cocok untuk atraksi tubing dan panjat tebing selain untuk tempat swapoto.

" pemandangannya  sangat menarik, jujur saya baru pertama kali kesini, tapi harus diakui leuwi tonjong potensial untuk pariwisata" ungkap Rani

Dirinya juga mengaku senang diajak berkeliling oleh pegiat desa wisata, Agus Dhani,  untuk melihat potensi pariwisata alam yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan keterangan, dinamai Leuwi Tonjong karena sebelumnya ada yang membuat ceruk di bukit karang sehingga membentuk lekukan pada sungai dan leuwi disana, 

Menurut Awang Setiawan (48) tokoh pemuda disana, masyarakat mengingin leuwi tonjong dan sekitarnya dijadikan objek wisata air dan panjat tebing,

" biar datang banyak pelancong, kami masyarakat bisa membuka usaha, menunjang pariwisata yang ada" harap Awang

pengembangan pariwisata diyakini bisa mendongkrak ekonomi daerah melalui peluang usaha juga dapat meningkatkan pendapatan Asli Desa (PADess)  di Desa Wangunsari. 

Agus Ramdhani selaku penggiat desa wisata  kali ini mengajak serta anggota AABI, tokoh pemuda dan masyarakat Desa Wangunsari untuk merumuskan  optimalisasi destinasi wisata disana sebagai pelopor terwujudnya desa wisata di kemudian hari.

" perlu akses yang memadai untuk sampai kesini, fasilitas pendukung juga belum ada, ini tantangan sekaligus peluang, jika perlu melibatkan pihak ketiga sebagai investor atau yang memiliki jaringan terhadap pembiayaannya" jelasnya.

Memang tak mudah mewujudkan desa wisata, agro wisata dan eduwisata, perlu proses dan komitmen bersama antara masyarakat, pemangku kebijakan dan biaya yang tak sedkit, tetapi sekali lagi dengan komitmen semua bisa diwujudkan.


(Red)