Kabarsukabumi.com,- Desa Sangrawayang Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Jika sebuah potensi di suatu desa, terus digali dan dioptimalkan serta dengan serius di manfaatkan dengan rasa syukur pada Yang Maha Kuasa maka akan memancarkan auranya yang sangat cantik seperti Curug Panutup tersebut. selain itu potensi-potensi lain pun akan terbuka lebar-lebar untuk sebuah kemajuan desa tersebut dan kesejahteraan warga masyarakat meningkatkan.


Menurut Camat Simpenan, Dadang Ramdani, S. IP., Alhamdulillah di Desa Sangrawayang Kecamatan Simpenan ini ada potensi alam yang begitu indah dan memukau, yaitu salah satunya Curug Panutup. 

"Itu sudah mulai di kerjakan oleh masyarakat dan Desa dengan murni biaya swadaya, karena keinginan warga juga sepakat untuk memberikan yang terbaik dan menuangkan ide serta gagasannya dalam penataan wilayah tersebut," Kata Dadang Ramdani, S. IP., Pada Kabarsukabumi.com, melalui sambungan Whatsapp. Minggu 16/07/2020.


Masih menurut Camat Simpenan, potensi kekayaan alam Cururug Panutup bisa lebih di kembangkan tata kelola dan pengelolaan nya, namun karena berkaitan dengan sebahagian aset tanah warga terletak di lokasi tersebut, maka ini hatus di musyawarahkan bersama dengan hasil yang mufakat. 

"Akan tetapi, pada akhirnya masayarakat sudah sepakat, hasil musyawarah untuk di kelola bersama, tinggal inprastruktur ke lokasi tersebut , untuk peningkatan pengembangannya," imbuh Dadang Ramdani, S. IP.


Lebih lanjut, dirinya menjelaskan Insa Allah kami, dengan kades dan warga masyarakat untuk lebih konsentrasi penataannya agar dapat dinikmati oleh warga lain sebagai tujuan wisata, karena salah satu penunjang Geopark yang perlu dilestarikan sebagai aset Desa Sangrawayang Kecamatan Simpeunan yang terletak di Kabupaten Sukabumi. Terkait  penataan tadi, Dadang Ramdani, S. IP., menegaskan lagi bahwa penataan nya senentaara ini melibatkan warga masyarakat setempat.


"Setahu saya belum ada bantuan dari pihak manapun, murni dari warga setempat dan Desa Sangrawayang. Sekarang mau penataan jalan masuk lokasi di bangun bersasama warga Desa Sangrawayang," Pungkasnya. 

Kabarsukabumi.com (ARS).