KABARSUKABUMI.com - Masih ingatkah iklan ciamik salah satu televisi swasta, latarbelakangnya muara indah dipadu hamparan sawah hijau memanjakan mata. iklan dimedia 90an itu sunggguh menawan dan mengundang penasaran, Dimana tempat itu sesungguhnya?

Muara menawan itu namanya muara Cibareno - Pantai Kokoncong, letaknya diperbatasan Kab. Sukabumi yang juga perbatasan Jabar-Banten, tepat di Desa Pasirbaru Cisolok dan keindahannya tetap terjaga hingga sekarang, kuranglebih 20 tahunan setelah iklan itu dibuat.

Bertemunya muara dan pantai asri itu sungguh menawarkan panorama mengesankan, hijaunya vegetasi dan birunya laut wujud lukisan alam mahakarya seni ilahi.


PANTAI PERAWAN

Penamaan pantai perawan sebetulnya diinisiasi seorang penggiat pariwisata, Agus Ramdhani, menurutnya ada beberapa hal yang jadi latarbelakang penamaan itu

" saya liat banyak hal yang masih alami, pantainya bersih, muaranya juga indah, vegetasinya masih asli dan belum terjamah, sangat indah, saya yakin kalau dikembangkan akan jadi destinasi wisata berkelas" terangnya

Agus menambahkan, masyarakat disekitarnya juga sangat berkomitmen untuk menjaga kaslian lingkungan disekitar muara cibareno dan pantai kokoncong

" konsep pemberdayaan kedepan adalah objek wisata berkearifan lokal. jadi mendukung investasi dan kesejahteraan tanpa merusak biodiversity yang ada, akses ke lokasi juga harus dibatasi" tambahnya

Dirinya mengaku, tiga hari tiga malam mengamati pantai perawan kokoncong, untuk sampai ke lokasi harus berjalan dilereng terjal, dan hanya bisa dengan jalan kaki

" tapi yakin, kalau sudah sampai ke lokasi, lelah semuanya hilang, dibayar pemandangan eksotis yang tak terlupakan" imbuhnya.


MENINGKATKAN PAD

Posisi pantai perawan atau pantai kokoncong sungguh strategis karena berada diperbatasan, untuk itu dalam pengembangannya sangat memungkinkan melalui kerjasama antar pemerintah daerah.

Hasil musyawarah Agus Dhani dengan pemerintah desa Pasirbaru dan tokoh masyarakat, sepakat pengembangan potensi disana harus digalakan dengan serius, karena diyakini akan mendongkrak pendapatan asli desa (PADes) sekaligus pendapatan asli daerah (PAD).

"potensi wisata disini sungguh luarbiasa, bukan saja indah tapi alternatifnya banyak, ada bukit Ciendong, puncak Habibi, pohon cinta, KarangHaji dan banyak lagi" kata kades Pasirbaru.

Melihat potensi wisata yang ada, sungguh tak berlebihan kalau wilayah perbatasan itu dijadikan komplek destinasi wisata terpusat, tentu prospek yang luarbiasa...Semoga saja, kedepan, Pantai Perawan itu jadi objek wisata yang menawan wisatawan.

(KS009)