KABARSUKABUMI.COM - Sukabumi, Bawaslu kota Sukabumi mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) yang mengusung tema pentingnya penerapan budaya cyber hygeine dilingkup kerjanya, Jum'at (13/11/2020)

Acara tersebut diikuti juga oleh pimpinan Bawaslu kota Sukabumi beserta jajaran.

Adapun yang membawakan materi adalah Harlan Awaludin Kohar (Anggota Divisi Data dan Informasi KPU Kota Sukabumi), Siska Agustia (Anggota Divisi Hukum KPU Kota Sukabumi), dan terakhir Ferry Sanjaya (CEO & Founder Sanjaya IT Solution).


Pada pembahasan, salah satu Nara sumber Ferry Sanjaya menyampaikan mengenai bagaimana cara menjaga perangkat tetap aman dari Malware/virus.

Ferry meminta kepada para peserta untuk wajib menerapkan protokol kesehatan dalam beradaptasi di dunia Maya, seperti hal nya menjaga kesehatan kita sehari sepertimenggunakan software original, menginstal Antivirus dan sering mengupdate disemua perangkat di lingkungan kerja Bawaslu, baik komputer maupun handphone.

Menjaga keamanan data dan identitas di lingkup kerja Bawaslu kota sukabumi sangat penting untuk mengurangi dampak yang merugikan jika perangkat tersebut dicuri/hilang.


Berbagai cara menghindari pencurian atau kehilangan disampaikan dengan detail oleh narasumber.

Di era digital ini, para peserta juga dianjurkan untuk berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Terutama dari ancaman Phising agar tidak Mudah terpancing oleh phising/penipuan yang berakibat fatal pada akun yang kita miliki.

"Metode Phising ini yg kemudian banyak digunakan oleh oknum-oknum tertentu utk berusaha mengelabui kita, untuk pencurian data" Terang ferry.

Masih menurut ferry, scurity sistem pada aplikasi-aplikasi sekarang sudah sangat canggih dan secure, justru yang berpotensi terkena serangan itu adalah perilaku diri kita sendiri.

"Berbicara scurity sistem sekarang sebetulnya bisa dikatakan sangat secure ya, namun kebanyakan perilaku kita lah yang kadang-kadang suka keliru yang masih bisa terkelabui oleh metode Phising," Ujar Ferry

Ditempat yang sama Anggota Bawaslu Kota Sukabumi Divisi Sumber Daya manusia (KOORDIV.SDM) M.Aminudin mewakili ketua menyampaikan kepada awak media, bahwa kegiatan bimtek tersebut 

Aminudin juga berharap setelah peserta dibekali pemahaman dan bimbingan teknis dari para nara sumber, para peserta dapat menerapkan budaya cyber hygeine dilingkup kerja Bawaslu kota Sukabumi.

"tentunya kami berharap dengan adanya kegiatan bimtek ini nantinya para peserta akan menyadari bagaimana pentingnya menjaga kesehatan dalam berdunia Maya." Harap Aminudin.

(DN)