KABARSUKABUMI.com - Telly Pabia Rumengan (42) meraih pengahargaan juara ke 3 di Dekranasda Jabar, atas produk craft  tas retouch yang ditekuninya bersama komunitas ibu ibu pengajian yang dibinanya.

Telly sekarang tinggal di Puri Cibeureum Kota Sukabumi adalah seorang ibu rumah tangga yang kreatif, dirinya menginisiasi rekan rekan sejawatnya supaya bisa membuat  kerajinan tas.

"awalnya kita membuat kelompok pengajian terlebih dahulu, kemudian saya  kursus di LPK mengenai pembuatan craft berupa tas yang di pasangin aksesoris atau di retouch lagi" ungkapnya pada kabarsukabumi.com

Dirinya menambahkan, keterampilan membuat tas itu dia ajarkan juga ke kelompok pengajian.

"selain silaturahmi, pengajian kita juga belajar membuat tas retouch, semua mencoba,  akhirnya produk kita tambah banyak, kebetulan waktu itu dekranasda adakan pameran di hotel Horison Sukabumi" tambahnya.

Ia dan rekan rekan  turut serta dalam pameran selama 3 hari, dan tak disangka hasilnya luar biasa bisa, produk mereka  di respon positif oleh masyarakat pengunjung.


"tapi  kita belum punya nama branding waktu itu, seiring waktu kita beri nama happy mom" kenangnya.

Wanita yang kini merupakan anggota  Sukabumi Entrepreuner Asociation (SEA) mengatakan dalam perjalananya bayak tantangan dan rintangan, termasuk pandemi covid 19.

"Ya tentunya menjalankan usaha ditengah-tengah pandemi ini saya pun merasakan dampak nya terutama pada pemasaran, namun kita tetap bertahan dan terus berinovasi." Tambah Telly


Di era pandemi,  craft sangat menurun pemasaranya, sampai Telly memiliki gagasan harus membuat produk baru yang bisa diterima oleh masyarakat.