kabarsukabumi.com,- Desa Karangpapak  Kecamatan  Cisolok Kabuptaen Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Berita Cuaca, lagu yang dinyanyikan Boomerang Group Band Rock lawas ini, ternyata sepertinya ingin diwujudkan oleh Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Lingkungan (FKMPL) Semesta Lestari, Sabtu 12 September 2020.

FKMPL terus berupaya mensosialisasikan tentang kepedulian terhadap alam dan lingkungan, bahkan mereka melakukan upaya Reboisasi di kawasan Gunung Wangun Kp. Cikondang Desa Karangpapak Kecamatan Cisolok. 

Gayung bersambut, kegiatan-kegiatan FKMPL pun disambut warga masyarakat, kegiatannya yang dilakukan oleh FKMPL Semesta Lestari dengan warga masyarakat setempat ini makin intens disertai dengan diskusi-diskusi terkait penyelamatan lingkungan. 

Suhud mengatakan, dirinya sebagai humas FKMPL Lestari Lingkungan, bahwa pihaknya melakukan kegitan reboisasi untuk penyelamatan alam sekitar.

Dengan adanya  kegiatan reboisasi ini,  adalah untuk menjaga kelestarian alam disekitaran Gunung Wangun.

Pada dasarnya adalah  menjaga daerah sepadan sungai agar tetap berfungsi seperti dahulu kala, asri dan subur serta penuh nuansa kedamaian dari alam itu sendiri.

Masih kata dia, bahwa disamping itu, ada tujuan lain yaitu, untuk menjaga kawasan lingkungan tersebut yang telah berubah dan  rusak oleh oknum orang yang tak bertanggung jawab, dengan berbagai kegiatan seperti penebangan liar, dan buang sampah sembarangan. 

"Dan disana, itu ada sumber mata air yang dikelola oleh PDAM (BUMD) sehingga mengakibatkan sumber dari mata air tersebut debitnya berkurang, yang kami duga  karena kurangnya perawatan dari kita sendiri,  misal tebang tanpa nanam lagi," ungkapnya. 

Dengan situasi dan kondisi seperti itu, kata dia, sampai hari ini belum ada perhatian khusus dari pihak PDAM tersebut. 

"Maka dari itu, kami berinisiatif untuk melakukan kegiatan reboisasi ini," bebernya.

Ditempat yang sama, Damar Rizki, bahwa dirinya selaku Koordinator Hukum dan Penerangan FKMPL Semesta Lestari, juga turut menegaskan, bahwa kawan-kawan FKMPL Semesta Lestari semua peduli pada alam dan lingkungan ini. 

"Kalau bukan kita, siapa lagi, jadi, kita semua harus bahu membahu, dan terus sosialisasikan tentang kelestarian alam ini," katanya. 

Dia juga mengatakan, bahwa disisi lain kegiatan ini kami lakukan adalah sebagai wujud ikhtiar dari kami, kepedulian kami terhadap lingkungan yang harus kita wariskan untuk anak cucu sebagai generasi Bangsa dan Negara ini.

Masih menurutnya, alam adalah aset terbesar bagi seluruh umat manusia, jadi perlu dilestarikan dan dijaga bersama. 

"Tentunya, setelah kegiatan reboisasi ini selesai, kami akan terus memantau perkembangan Kawasan Gunung Wangun," pungkasnya.

kabarsukabumi.com (ARS).